MODEL PROPAGASI GELOMBANG RADIO LUAR RUANGAN

PENDAHULUAN

Pada saat ini kebutuhan masyarakat akan layanan jasa telekomunikasi terus meningkat dengan pesat. Hal ini menuntut inovasi dalam teknologi telekomunikasi yang sesuai dengan keadaan masyarakat saat ini yang memiliki mobilitas yang tinggi. Salah satu teknologi komunikasi yang menjadi trend saat ini adalah sistem komunikasi nirkabel atau wireless. Jaringan nirkabel adalah teknologi pengiriman data dari satu titik ke titik lain tanpa kabel fisik, antara lain menggunakan radio, selular, infrared, dan satelit.

Pada komunikasi nirkabel, dibutuhkan adanya media transmisi yaitu gelombang radio. Radio adalah transmisi dan penerimaan sinyal dengan gelombang elektromagnetik tanpa kabel. Spektrum Radio Frequency (RF) menempati range 9 KHz – 300 GHz. Penggunaan gelombang radio jelas memberikan banyak keuntungan. Terutama terkait sifatnya yang mobile, dapat bergerak dan berpindah tempat dengan bebas tanpa perlu terhalang adanya kabel.

Agar jaringan nirkabel dapat berfungsi, sinyal harus memiliki jalur dari pengirim ke penerima dan tiba dengan kekuatan sinyal yang masih cukup untuk diterjemahkan. Kekuatan sinyal dapat diukur dengan dua satuan :
•dBm (decibel above 1 milliWatt) dalam satuan Watt atau Volt
•S/N Ratio (Singnal-to-Noise) menggambarkan rasio antara kekuatansinyal dan kekuatan noise. Untuk sinyal digital, S/N Ratio lebih kecil daripada S/N untuk sinyal analog.


****** unduh selengkapnya di sini ******

Komentar

Postingan populer dari blog ini

25 Facts About Sofiet Isa - Edisi Revisi

Rumahku, Madrasahku

Q dan Sapu-nya