Modul Shalahuddin Learning Group (Kepemanduan) JS UGM

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah, Segala puji hanyalah milik Allah SWT, Tuhan Penyeru sekalian alam. Dia yang memberikan hidayah kepada kita tuk selalu istiqomah dalam menapaki jalan da’wah ini. Shalawat serta salam, semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah menjadi contoh bagi umatnya serta berperan aktif dalam membina umat kepada petunjuk jalan yang telah diwahyukan untuk menciptakan peradaban orang-orang yang beriman kepada Allah SWT.

Pembinaan adalah sebuah keniscayaan. Keniscayaan yang dibangun untuk kembali menata peradaban dan menginginkan kejayaan. Dengannya, kita mampu mengembalikan esensi nilai-nilai islam di dalam pribadi setiap muslim. Sudah menjadi kewajiban bagi kader dakwah, bahwa membina dan terbina adalah proses tuk membentuk kepribadian islam(syaksiyah Islamiyah).

Jalan dakwah ini sangatlah terjal dan jauh, entah sampai kapan muslim itu akan terus berjalan diatasnya. Keyakinan dan kesabaran menjadi puncak kenikmatan tuk terus istiqomah dalam meniti jalan ini. Tidak sedikit kader dakwah yang menepi karena merasakan beratnya dan kebosanan dalam dakwah ini. Maka dari itu,beratnya dalam menapaki jalan ini, sudah pasti kita harus punya stamina untuk mengisi kembali energi kita dengan pembinaan ruhiyah.

Kurikulum Shalahuddin Learning Group yang sebelumnya seringkali kita sebut Kurikulum kepemanduan Di JS, mencoba menyajikan satu diantara sekian washilah pembinaan yang berupa materi ta’lim atau halaqah. Kurikulum ini dibuat berdasarkan materi kaderisasi JS dan disesuaikan dengan materi pada Grand Design JS 1431 H. Kami berharap, kurikulum ini memudahkan antum/na, para mentor SLG dalam melakukan aktivitas pembinaan di Shalahuddin. Kami juga berharap agar hal ini mampu menjembatani bahan kajian dalam aktivitas SLG. Namun demikian, apa yang ada di dalam kurikulum ini bukanlah segala-galanya, terlebih lagi bahwa kurikulum inin masih jauh dari sempurna. Dan semoga ada kritik dan saran membangun dalam menyusun kurikulum kepemanduan ini untuk kedepannya.

Syukron katsiron saya ucapkan teruntuk kawan-kawan saya yang berada di BKK (Sofiet, Avis, dan Intan), karena dengan kegigihan antum semua, semoga kurikulum ini menjadi saksi untuk kita agar bisa digunakan untuk kepemanduan selanjutnya. Terima kasih kepada ketua Jama’ah Shalahuddin 1431 H (Aqil), yang telah mengizinkan dan sekaligus memberikan semangatnya dalam menemani perjalanannya selama di Shalahuddin. Terima kasih untuk kawan-kawan shalahuddin 1431 H, tanpa adanya Antum/na tidak akan ada impian dan inspirasi kami, tuk memberikan yang kami bisa berikan tuk Antum dan Dakwah ini.

Terakhir, adalah sebuah harapan besar dan cita-cita untuk melakukan pembinaan di JS agar bermetamorfosa menjadi kader yang siap tuk membina generasi kader JS selanjutnya. Akhir kata, tak ada roti yang dibuat tanpa ragi, tak ada dakwah yang dilakukan tanpa adanya pembinaan. Semoga Bermanfaat dan tetap semangat memberikan kontribusi kita dalam mencetak kader bukan hanya memperbanyak jumlah kader.

Jazakumullah Khoir Katsiron...


Kepala Sekolah
Shalahuddin Learning Group JS 1431 H

Nasrullah


****** unduh selengkapnya di sini ******

sumber gambar:
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT3mQQdWIIo4CXIkt0RuQFfICrYlKn4L6n9xMlUhhAZqzuc2rG7hA
 

Komentar

  1. Assalamu'alaykm..
    pak sofi, ane izin donlod file2 kaderisasi dr web antm ya pak?
    buat dipelajari...syukron

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

25 Facts About Sofiet Isa - Edisi Revisi

Rumahku, Madrasahku

Q dan Sapu-nya